Selasa, 06 November 2012

TEORI ORGANISASI HAL.1


Teori Organisasi

         Dalam membahas organisasi secara detail maka perlu membahas organisasi yang mendasar secara menyeluruh mengenai hakikat dan pengertian organisasi tersebut. Manusia adalah makhluk sosial yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan.
Akan tetapi karena keterbatasan dan kesulitan manusia atas kemampuannya, menyebabkan manusia itu sendiri tidak dapat mencapai tujuannya masing-masing  tanpa kerja sama diantara mereka. Hal inilah yang mendasari manusia untuk hidup dan berkembang di dalam berbagai organisasi.
        Organisasi mempunyai banyak definisi, karena organisasi dapat dipandang dari berbagai perspektif. Tetapi bagaimanapun juga ada semacam kesepakatan pendapat dalam kenyataannya bahwa organisasi pada umumnya dikembangkan sebagai instrument bagi pencapaian tujuan tertentu dan cenderung muncul dalam situasi di mana orang-orang menyadari manfaat organisasi sebagai suatu jalan terbaik dalam pelaksanaan kegiatan kolektif.
Ciri-ciri organisasi :
a.       Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
b.      Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
c.       Organisai secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
d.      Organisasi adalah instrument sosial yang mempunyai batasan yang secara relative dapat diidentifikasikan.
Ada beberapa macam definisi organisasi, yaitu sebagai berikut :
a.       Menurut Ernest Dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.


1

NAMA : AHMAD SHAFIYUDDIN
KELAS : 2KA34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar