Kamis, 30 Mei 2013

TULISAN 2 SISTEM PEREKONOMIAN

Sistem Perekonomian adalah sistem yang digunakan atau dipakai oleh suatu Negara untuk me-manage sumber daya yang dimiliki suatu Negara tersebut atau yang dimiliki oleh suatu organisasi. Sistem perekonomian juga digunakan untuk mengatur faktor produksinya. Sistem Perekonomian Indonesia dengan Sistem Perekonomian Negara lain pasti berbeda cara mengatur faktor produksinya, karena setiap Negara berbeda-beda dalam menetapkan sistem perekonomian yang dianutnya.

Macam-Macam Sistem Ekonomi yaitu : Sistem Perekonomian Terencana, Sistem Perekonomian Tradisional, Sistem Perekonomian Pasar, Sistem Perekonomian Pasar Campuran.


1.Sistem Perekonomian Terencana

Ø  Ada dua bentuk utama perekonomian ini adalah komunisme dan sosialisme. Komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memakai dan memiliki seluruh faktor ekonomi.  Sosialisme adalah sistem yang dimana masyarakat sudah dianggap dapat mengelolanya dan pemerintah harus memberikan hak-hak atas faktor-faktor produksi tersebut.

2.Sistem Perekonomian Tradisonal

Ø  Masyarakat tradisional menggunakan sistem ekonomi ini untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bergantung pada sumber daya alam, masyarakat tradisional ini menjadi konsumen dan juga produsen untuk mengelola sumber daya alam tersebut.

3.Sistem Perekonomian Pasar

Ø  Sistem ini bergantung pada liberalism dan kapitalisme, yang menciptakan lingkungan untuk menjual dan membeli secara bebas tetapi harga jual sesuai dengan mekanisme permintaan dan penawaran.

4.Sistem Perekonomian Pasar Campuran


Ø  Sistem ini merupakan gabungan dari perekonomian terencana dan perekonomian pasar. Adanya peraturan-peraturan yang dibuat oleh suatu Negara untuk kegiatan ekonomi, jadi tidak bebas begitu saja tetapi juga memiliki aturan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar